Berbagi Pengetahuan kepada Mahasiswa Baru TA 2017/2018

  • by

Pengetahuan (Knowledge) merupakan informasi atau pemberitahuan yang diketahui oleh seseorang dengan berbagai aspek yang ditemui dan diperoleh melalui pengamatan akal. Knowledge sangat penting perannya dalam kehidupan, karena dengan banyaknya pengetahuan didalam diri dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih pintar atau memperoleh banyak informasi sehingga menjadi orang yang berguna di kehidupanya. Sharing merupakan hal yang perlu diberikan kepada semua orang dalam kehidupan, karena dengan sharing kita dapat memperoleh informasi lain dari orang-orang dilingkungan sekitar.

IMG-20171009-WA0016

Suasana Kelas Knowledge And Sharing 2017/2018

Kegiatan Knowledge and Sharing di jurusan teknik elektro ini adalah merupakan interaksi dalam suatu kelompok mahasiswa senior untuk saling berbagi ilmu pengetahuan kepada junior yang mana tujuannya adalah sebagai sumber mediasi pembelajaran, kegiatan ini dapat berdampak baik bagi pihak yang memberikan informasi dan menerima informasi. Tujuan dari kegiatan Knowledge Sharing To Junior Academic Year 2017/2018  ini agar mahasiswa/I jurusan teknik elektro yang berada di semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018 mendapatkan penguatan pengetahuan yang lebih mengenai berbagai ilmu pengetahuan.

Program ini telah di inisiasi oleh Rifki Tri Aditya Putra, anak tanjungpinang lulusan  SMA N2 Tanjungpinang, seorang mahasiswa yang sedang duduk di semester 3(tiga) dan mendapatkan beasiswa Penguatan Prestasi Akademik (PPA) tahun 2017/2018 ini, adalah juga anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (Hima TE). Dengan dukungan rekan seangkatan beliau dan rekan-rekan senior di Divisi Penguatan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) HIMA TE, program rutin ini sudah  dimulai hari sabtu di minggu pertama perkuliahan tahun ajaran 2017/2018 dan masih tetap berjalan hingga saat ini.  Adapun materi pembelajaran dan konsultasi yang diberikan adalah peguatan untuk Matematika Teknik dan Kalkulus, Fisika, Bahasa Inggris Teknik (English for Engineer) dan Penggunaan perangkat lunak (Software) dalam gambar teknik.

Dalam pelaksanaanya telah dibentuk kelompok tim pengajar (team teaching group) yang terdiri dari 3-4 orang mahasiswa semester 3 (tiga) sebagai pelaksana dan satu orang mahasiswa semester 5 (lima) sebagai koordinator untuk setiap materi pelajaran. Koordinasi ini adalah bentuk pelatihan kepada mahasiswa jurusan teknik elektro untuk melatih kemampuan koordinasi, kedisiplinan dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sudah diberikan untuk kelancaran pekerjaan yang sudah merupakan tanggung jawab bersama.  Hendra Permana, siswa lulusan salah satu SMK di Bintan dan mendapatkan beasiswa PPA tahun ini adalah Person in Charge untuk koordinasi secara keseluruhan.

Seorang dosen lulusan S1 di jurusan Sistem Perkapalan ITS dan S2 Marine Engineering di UTM Malaysia, Eko Prayetno, S.T.,M.Eng adalah pembina HIMA TE dan juga ketua dari jurusan teknik elektro yang sudah terakreditasi B saat ini, sangat mendukung  kegiatan positif kemahasiswaan ini. Program untuk mengisi waktu di hari libur perkuliahan juga akan dapat menumbuhkan ide-ide yang positif dan kreatif kedepannya.  Dosen Teknik Elektro Tonny Suhendra, S.T.,M.Cs dan Anton Hekso Yunianto,S.T.,M.Si  yang telah di tugaskan oleh Eko untuk mendampingi kegiatan ini, berpendapat bahwa bentuk kegiatan seperti ini akan melatih mahasiswa elektro untuk kreatif, inovatif, mandiri dan yang penting penting adalah semangat bekerja sama (team spirit) untuk mencapai tujuan yang sama, dimana merupakan pondasi dasar dalam dunia pekerjaan nantinya.

Oleh :

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HIMA TE) & Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)

Rifki Tri Aditya Putra (Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Semester 3) & Deny Nusyirwan ( International Relation Office)

Leave a Reply

Your email address will not be published.