Evaluasi Kurikulum

Mengacu pada Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan tracer study yang dilakukan pada mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni, Program Studi Teknik Elektro perlu sangat segera untuk meng-evaluasi kurikulum 2011 yang telah dilaksanakan selama ini. Terdapat dua kata kunci untuk mengkaitkan antara kurikulum dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan stakeholders, yaitu capaian pembelajaran (learning outcomes) dan kualifikasi. Pengemasan capaian pembelajaran ke dalam jenjang kualifikasi KKNI sangat penting untuk keperluan penyandingan maupun penyetaraan kualifikasi yang dibutuhkan oleh stakeholders. Di samping itu, pengemasan capaian pembelajaran ke dalam KKNI juga penting untuk keperluan harmonisasi dan kerjasama saling mengakui kualifikasi dengan negara lain, baik secara bilateral maupun secara multilateral. Berdasarkan hal tersebut, secara umum Program Studi Teknik Elektro meng-evaluasi kurikulum 2011 yang dituangkan dalam kurikulum 2015. Berikut beberapa perbedaan antara kurikulum 2011 dengan kurikulum 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Kurikulum 2011 belum secara tegas menawarkan konsentrasi, sedangkan kurikulum 2015 secara tegas menawarkan konsentrasi. Terdapat tiga konsentrasi, yaitu Konsentrasi Telekomunikasi, Konsentrasi Teknik Tenaga Listrik dan Energi Terbarukan, dan Konsentrasi Elektronika Perkapalan. Adanya tiga konsentrasi ini didasari oleh kenyataan yang ada selama ini di Program Studi Teknik Elektro tentang ketiga konsentrasi yang secara implisit terealisir dalam bentuk penelitian dosen maupun skripsi mahasiswa. Konsekuensi dari adanya tiga konsentrasi tersebut adalah dilakukan perubahan penetapan nama dan SKS matakuliah serta struktur kurikulum dan sebaran matakuliah. Secara umum mata kuliah yang ada disemester I-IV merupakan matakuliah wajib untuk setiap mahasiswa Program Studi Teknik Elektro sedangkan matakuliah yang ada disemester V-VIII merupakan matakuliah konsentrasi.
  2. Perbedaan kurikulum 2015 dibandingkan dengan kurikulum 2011 juga tercermin pada matakuliah pilihannya. Matakuliah-matakuliah pilihan disusun berdasarkan bidang minat/ konsentrasi yang telah ditetapkan. Disamping itu, setiap bidang konsentrasi dapat memilih satu mata kuliah pilihan dari setiap bidang konsentrasi yang lain.
  3. Setiap konsentrasi diarahkan pada bidang kemaritiman, ini berdasarkan pada letak geografis wilayah Kepulauan Riau dan Visi Program Studi Teknik Elektro.
  4. Penambahan matakuliah wajib Universitas untuk semua Fakultas yang ada di UMRAH. Penambahan matakuliah tersebut antara lain Pendidikan Pancasila, Tamadun dan Tunjuk Ajar Melayu serta Pengantar Ilmu dan Teknologi Maritim. Dasar dari penambahan mata kuliah wajib ini adalah perlu adanya pengertian serta penanaman konsep mengenai ideologi, norma dan tatanan hidup budaya melayu, serta pola pikir mengenai kemaritiman.
  5. Penambahan matakuliah pendukung antara lain adalah K3, Ekonomi Teknik, Kalkulus I, Kalkulus II, Metode Numerik dan Sistem Linear. Dasar dari penambahan mata kuliah pendukung ini adalah perlu diajarkan kepada calon pekerja karena ini sangat penting bagi keselamatan pemula dalam tahap awal bekerja, bagaimana membuat sebuah keputusan (decision making) berdasarkan suatu proses analisa, teknik dan perhitungan ekonomi.

2015 | Universitas Maritim Raja Ali Haji